5 Tanda Umum Kehamilan Lainnya Selain Telat Datang Bulan

By | December 22, 2016

Hamil merupakan salah satu anugerah terindah yang paling banyak dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Tidak mengherankan jika ketika seorang wanita yang telah menikah dan melakukan hubungan intim dengan pasangan mengalami telat datang bulan akan selalu diindikasikan dengan kemunculan seseorang akan hamil.

Selanjutnya mereka akan bergegas ke dokter kandungan untuk memastikan kebenarannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa selain telat datang bulan, ada juga beberapa tanda umum kehamilan lain yang patut untuk diketahui oleh setiap pasangan suami istri.

 

bongkar 5 tanda kehamilan lainnya selain datang bulan yang telat

  1. Mual

Salah satu hal yang kerap dijadikan sebagai tanda umum kehamilan adalah terjadinya mual yang tidak ada penyebab secara pasti. Morning sickness yang selanjutnya dikenal dengan sebutan mual yang terjadi pada pagi hari ini terjadi ketika adanya peningkatan kadar esterogen serta progesterone yang ada pada tubuh wanita. Dengan adanya hal tersebut, maka tanda umum kehamilan ini juga bisa dijadikan sebagai patokan lain seseorang akan mendapatkan keturunan.

  1. Pembengkakan pada payudara dan terasa lebih sensitive

Tanda umum kehamilan yang lainnya adalah adanya sentuhan pelan pada payudara yang selanjutnya anda akan merasakan nyeri, maka hal ini merupakan pertanda seseorang akan mendapatkan momongan. Merujuk pada American Pregnancy Organization, dinyatakan bahwa seseorang yang diduga akan hamil, maka setelah terjadi pembuahan, maka payudara akan meningkat dari segi sensitivitasnya dan tanda umum kehamilan ini akan berlangsung hingga masa kehamilan berlangsung.

  1. Menyukai makanan tertentu

Kalau tanda umum kehamilan yang satu ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Dengan kata lain, adanya perubahan pada hormone esterogen yang terdapat pada tubuh wanita ini akan meningkatkan indra penciuman seseorang sehingga perasaan mual ataupun menjadi lapar sering kali melanda ibu yang sedang hamil.

  1. Kram dan bercak darah

Ketika anda mendapati adanya bercak darah yang keluar dari alat vital anda, maka tanda umum kehamilan semacam ini tidak boleh dihiraukan dan akan lebih baik jika anda menghubungi dokter kandungan untuk memastikan jika hal tersebut memang tanda kehamilan, bukan hanya sekedar menstruasi. Kejadian semacam ini terjadi ketika usia kehamilan mencapai 10-14 hari yang ditandai dengan adanya penempelan sel telur pada dinding rahim.

  1. Pusing

Pertanda lain yang akan membuktikan seorang ibu sedang dalam kondisi hamil adalah adanya gejala pusing yang terjadi akibat adanya pelebaran pembuluh darah yang selanjutnya dibarengi dengan tekanan darah yang menurun sehingga perasaan pusing itu akan sering terjadi. Ketika wanita memasuki masa awal kehamilan, maka perasaan pusing semacam itu bisa dikarenakan adanya penurunan kadar gula darah yang terdapat di dalam tubuh.

Ada berbagai tanda umum kehamilan yang bisa dijadikan sebagai patokan bagi seorang istri yang memang menginginkan untuk memiliki momongan. Kemunculan tanda tersebut bisa dibuktikan benar adanya ketika hal ini dibarengi dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak terkait seperti halnya dokter kandungan. Dengan melibatkan peranan dokter, maka gejala tersebut bisa dideteksi lebih dini apakah merujuk pada kehamilan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *