Jangan Abaikan Kesehatan Otak Saat Berpuasa

By | June 13, 2016

Pentingnya Menjaga Kesehatan Otak Pada Saat Bulan Puasa

Otak merupakan identitas yang tidak bisa tergantikan dan berbeda dengan orang lain.

“Lever Pak Dahlan Iskan diganti dengan lever orang lain tetap Dahlan Iskan, jantung Pak Setiawan Djodi diganti jantung orang lain tetap menjadi dirinya, tetapi kalau otak diganti maka tak akan bisa menjadi diri sendiri,” kata dokter Dokter ahli bedah saraf dari Mayapada Hospital dr Roeslan Yusni Hasan, Sp Bs.

Beliau juga  menghimbau warga masyarakat untuk  selalu menjaga kesehatan otak dikala berpuasa.

Fakta otak akan berkerja dengan optimal membutuhkan 2 yaitu :

  • Glukosa didapat dari zat yang terkandung di semua makanan seperti protein,karbohidrat dan sebagainya
  • Oksigen dengan cara menjaga pikiran dan hati kita tenang dan tidak stress, pada saat kita marah dan panik akan membuat otak membutuhkan lebih banyak oksigen.

Pada saat menjalani puasa  glukosa akan menurun, akan terjadi dehidrasi,  berdampak pada asupan ke otak sehingga bisa mengganggu kerja otak. Maka harus dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat saat berbuka puasa

kesehatan otak

kesehatan otak

“Maklum setelah berpuasa pola makan berubah, ingin banyak makan. Padahal kerusakan otak banyak dipengaruhi cara makan dan perilaku tak sehat seperti merokok,” katanya dalam kajian ilmiah bertema “Mempertahankan Fungsi Kerja Otak yang Sehat Selama Berpuasa” di Jakarta.

Kekurangan glukosa dan digantikan oleh lemak terjadi pada saat berpuasa mengakibatkan bau mulut , orang yang sedang berpuasa biasanya bau mulut  “Lemak yang tercium itu ya seperti bau mulut itu,” katanya.

“Dehidrasi dapat mengganggu aliran darah. Aliran darah terganggu maka aliran oksigen ke otak juga terganggu,” katanya.

Sempatkan olahraga ringan saat mejalani berpuasa seperti berjalan atau aerobik bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain meningkatkan kadar oksigen didalam darah.

Tidur yang cukup akan membantu otak melakukan proses penting seperti pembuangan limbah dan proses detoksifikasi (pembuangan racun dalam tubuh) pada saat tidur. Jika anda kurang tidur, berarti anda menyakiti otak anda.

Roeslan menegaskan, kesehatan otak sangat dipengaruhi oleh pola makanan dan perilaku. “Karena itu konsumsi makan yang sehat dan perilaku hidup yang sehat,” katanya.

 

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *