Tips Mengatasi Kurang Tidur Akibat Insomnia

By | January 6, 2016

Istirahat yang cukup merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat metabolisme, membuat tubuh fit dan terjaga kesehatannya. Namun tidak jarang fenomena insomnia menimpa kita atau orang tercinta, banyak yang menganjurkan penggunaan obat penenang, padahal itu tidak baik. Anda bisa memanfaatkan cara yang alami dan mudah seperti berikut:

 

Tips Mengatasi Kurang Tidur Akibat Insomnia

  1. Ciptakan suasana tenang dalam kamar

Suasana kamar yang tenang akan mampu membuat tidur lebih nyaman, mudah dan nyenyak. Anda bisa menyingkirkan benda yang tidak anda butuhkan dari kamar anda. Selain itu minimalkan suara dari luar dengan memanfaatkan ear plug atau sumbat telinga atau mendengarkan music klasik sehingga fikiran anda rileks dan mudah tertidur.

  1. Tidur dalam kondisi ruangan gelap

Proses pembentukan hormone melatonin sangat dipengaruhi oleh adanya cahaya, karena cahaya yang terang bisa membuat pembentukan hormon ini menjadi terhambat dan tidur anda akan susah terlelap. Sehingga hal ini bisa memicu insomnia yang berakibat kurang tidur. Sehingga sebaiknya anda mematikan benda elektronik yang bisa menimbulkan cahaya sebelum tidur semisal: lampu kamar, televisi, computer dll.

  1. Olahraga secara rutin

Cara paling baik untuk mengatasi susah tidur adalah dengan olah raga yang teratur. Karena dengan aktifitas fisik yang cukup maka tubuh beserta fungsi organnya akan terjaga kesehatannya. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat namun cukup dengan push up, jogging dll.

  1. Berendam di air hangat

Dengan berendam dalam air hangat akan membuat tubuh lebih rileks dan nyaman pasca seharian beraktivitas. Selain itu otot yang tegang akan akan kembali nyaman sehingga bisa membuat anda tidur dengan mudah, nyenyak pada malam hari dan bebas insomnia.

  1. Hindari rokok dan kopi

Kopi dan rokok mengandung nikotin dan kafein yang bisa menjadi stimulan untuk mampu membuat denyut jantung meningkat dan membuat tubuh senantiasa terjaga. Sehingga agar insomnia hengkang dari hidup anda biasakan untuk menjauhi rokok dan kopi. Jika anda tidak bisa meninggalkan style ngopi anda sebaiknya tidak mengkonsumsiny paling tidak 10 jam sebelum tidur.

Selain itu untuk mengatasi insomnia sebaiknya anda juga belajar untuk tidur tidak terlalu malam, jika terasa mengantuk maka segeralah tidur. Karena jika anda tunda maka rasa mengantuk tersebut akan hilang dan anda akan susah untuk memulai tidur.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *