Penyakit ISK Pada Wanita

By | January 2, 2016

Sebelum berbicara lebih jauh tentak ISK atau infeksi saluran kemih pada wanita, perlu anda ketahui tentang saluran kemih pada wanita. Saluran kemih pada wanita sama halnya dengan saluran kemih pada pria, yaitu terdiri dari ginjal,ureter, kandung kemih dan uretra. Infeksi saluran kemih adalah infeksi akibat bakteri yang menyerang komponen saluran kemih sdiatas. Infeksi saluran kemih pada wanita lebih sering terjadi dibandingkan ISK pada pria, karena letak anus dan lubang vagina yang sangat berdekatan pada wanita. Hal ini memungkinkan bakteri e-coli yang terbawa oleh tinja lebih mudah untuk menyerang saluran kemih wanita.

 

Selain bakteri e-coli, kebersihan air yang digunakan untuk membersihkan area vagina, iritasi akibat hubungan seksual, dan pemasangan kateter semakin memperbesar kemungkinan infeksi saluran kemih pada wanita. Infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua katagori, yaitu infeksi saluran kemih atas dan infeksi saluran kemih bawah.

Infeksi saluran kemih bagian atas terjadi ketika terdapat infeksi pada bagian uretra. Infeksi saluran kemih pada wanita (ISK bagian atas) ditandai dengan air kencing yang berwarna keruh dan berbau tak sedap layaknya keputihan. Gejala lain yang timbul adalah rasa selalu ingin buang air kecil dan perih saat buang air kecil.

Sedangkan infeksi saluran kemih bagian atas terjadi ketika terdapat infeksi pada ureter dan ginjal. Infeksi saluran kemih jenis ini ditandai dengan rasa nyeri pada selangkangan, demam serta mual. Infeksi saluran kemih tergolong dalam penyakit serius yang harus segera ditangani. Langkah awal pengobatan infeksi saluran kemih adalah dengan mengkonsumsi antibiotik dan memperbanyak minum air. Jika penyakit ini terus berlanjut, maka segeralah pergi ke dokter, karena jika dibiarkan infeksi saluran kemih dapat menyebabkan komplikasi seperti gangguan ginjal dan infeksi darah.

Untuk menghindari infeksi saluran kemih pada wanita, para wanita harus memperhatikan kebersihan vagina. Hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan vagina adalah dengan membenahi cara cebok, yaitu dari depan ke belakang, mengganti pembalut setiap selesai buang air besar dan tidak menggunakan panti linear dalam jangka waktu lama.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *