Manfaat Hujan-Hujanan Untuk Tumbuh Kembang Anak

By | December 28, 2015

Pada umumnya bunda akan melarang anaknya untuk bermain air hujan karena takut demam, pilek, flu dll. Padahal jika hujan tersebut bukan hujan asam, tidak ada kilat atau petir, anak dalam kondisi sehat, tidak bermain hujan dalam waktu lama dan tidak terlalu jauh dari rumah tidak masalah membiarkannya hujan-hujanan. Karena ada banyak manfaatnya untuk tumbuh kembang anak yakni:

Manfaat Hujan-Hujanan Untuk Tumbuh Kembang Anak

  1. Mengusir stress

Dunia anak biasanya diisi dengan permainan, canda tawa dan kegembiraan. Namun ketika anak harus melulu disibukkan dengan bersekolah, les dll yang memicu anak stress dan bosan akan membuat anak tidak bersemangat. Dengan bermain air hujan dan segala permainannya akan membuat stress tersebut terobati oleh keceriaannya.

  1. Melatih anak bersosialisasi

Saat bermain dengan air hujan biasanya anak tidak sendiri mereka akan bermain dengan teman sebanyanya. Dengan hal ini akan membuat kemampuan sosialisasinya menjadi meningkat, menjadikan anak supel, gampang bergaul dengan teman lainnya.

  1. Wahana edukasi untuk meningkatkan daya eksplorasi

Bagi bunda yang memiliki anak usia pra sekolah saat rintik hujan turun anda bisa menstimulasinya dengan fenomena yang terjadi selama hujan. Saat butiran air hujan turun membuat pepohonan basah, merendam pekarangan rumah, mengaliri air sungai, irigasi air dll anda bisa memberikan saran kepada sang buah hati,”untuk itu, buanglah sampah makanan pada tempatnya, karena jika dibuang sembarangan bisa menyumbat jalan air dan berakibat banjir”. Saat bermain air hujan anak akan bereksplorasi dengan air yang begitu melimpah yang turun dari langit dan bisa mengubah sesuatu yang bermanfaat untuk sekitarnya semisal: menyirami tanaman, minum, mandi dll.

  1. Menstimulasi motorik kasar

Ketika anak bermain air hujan pastinya diikuti dengan beberapa permainan semisal menyibakkan air, loncat-loncatan, berlarian dll. Ternyata permainan tersebut sangat bagus untuk melatih kekuatan otot tubuh anak dan melatih motorik kasarnya. Aktifitas ini akan membuat tubuh anak lebih sehat dan kuat karena terpapar air hujan.

  1. Membuat imajinasi anak berkembang

Saat bermain air hujan anak akan memainkan sebuah peran dengan membayangkan dirinya sebagai tokoh idolanya semisal sebagai seorang super hero, penari, polisi dan ekspresi lainnya. Mereka akan bersuka cita dengan melompat, berteriak dll.

Mari menjadi orang tua yang lebih bijak dengan senantiasa memberikan edukasi dan hal terbaik untuk sang buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *