Kurang tidur mempengaruhi prestasi anak

By | December 26, 2015

Tidur merupakan aktifitas yang ahrus dijalankan oleh semua orang. Tidur yang cukup akan membuat tubuh bermetabolisme dengan baik, sebaliknya tidur yang kurang juga dapat mengganggu metabolisme.

Menurut penelitian di inggris kurang tidur tak hanya berdampak pada proses metabolisme, tetapi juga pada otak. Penelitian ini ditujukan untuk mnegetahui pengaruh kurang tidur terhadap prestasi anak dengan 11000 respondent. Hasilnya sungguh menakjubkan, anak sekitar usia 7 tahun akan mengalami masalah membaca dan juga matematika. Sedangkan anak dengan usia 6 sampai 7 tahun yang kurang tidur mengalami kesulitan komunikasi. Dengan demikian penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mempengaruhi prestasi anak.

 

Kurang tidur mempengaruhi prestasi anak

Menurut Profesor Russel Foster, kepala ilmu syaraf di universitas oxfort tidur pada jam 21.00 hingga jam 9.00 dapat membantu kemampuan kognitif seorang anak. Anak yang mengalami sulit tidur atau memiliki tidur kurang dari 9 jam akan kesulitan dalam menerima pelajaran esok harinya, Karena itulah kurang tidur dapat mempengaruhi prestasi anak.

Alasan lain mengapa kurang tidur mempengaruhi prestasi anakan adalah karena pada saat tidur tubuh akan mengisi tenaga otak secara elektrik dan juga memulihkan semua zat kimia dalam otak. Sehingga tidur merupakan proses penyegaran dan pemulihan otak agar mampu bekerja lebih baik di esok harinya.

Selain dampak dari dalam, yaitu masalah perkembangan kognitif, tidur terlalu larut bagi anak anak juga dapat menimbulkan rasa malas, indisipliner, mengantuk dan juga emosi yang tak stabil. Kurang tidur pada anak juga dapat mempengaruhi kinerja anak dalam mengerjakan tugas sehari hari,anak yang kurang tidur akan terlihat loyo dan kurang cekatan. Selain itu kurang ridur juga akan membuat konsentrasi mereka menurun sehingga kesulitan untuk mencari solusi masalah yang rumit.

Untuk mengatasinya awasilah waktu tidur anak anda, jangan biarkan mereka tetap berkutat dengan handphone, televisi atau video game diatas jam 9 malam. Hal ini didasarkan oleh penelitian pada negara negara maju yang menghasilkan temuan bahwa kurang tidur pada anak disebabkan oleh adanya fasilitas komputer dan juga smartphone yang diberikan pada anak.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *