Informasi tentang Kanker Serviks yang Perlu Diketahui

By | December 13, 2015

Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada leher rahim. Penyakit ini telah banyak menelan korban. Bahaya kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus. Virus ini adalah HPV (Human Papilloma Virus) yang memasuki organ intim wanita dan telah menginfeksinya. Kanker serviks adalah penyakit berbahaya, namun bukan penyakit yang dapat menular melalui cara-cara kontak langsung.

Informasi tentang Kanker Serviks yang Perlu Diketahui

Namun penularan bisa melalui kontak seksual. Perlu Anda ketahui kanker serviks juga memiliki tanda atau gejala awal. Berikut beberapa gejala kanker serviks pada penderita stadium awal.

  1. Keputihan patogonis

Keputihan adalah awal gejala bahaya kanker serviks. Hal ini memang pasti dialami semua wanita, namun kerap dianggap wajar. Padahal ada jenis keputihan yang juga diwaspadai. Sebab ada keputihan yang memiliki ciri-ciri yang menunjukkan bahwa organ intim Anda mengalami masalah. Ciri keputihan yang mengindikasikan adanya bahaya kanker serviks adalah cairan keluar dalam jumlah banyak, kental, berbau amis, warnanya kekuningan, keciklatan bahkan kehijauan. Selain itu kerap menimbulkan rasa gatal dan panas pada organ intim ketika keputihan. Ini bisa jadi gejala kanker serviks, maka segera Anda berkonsultasi kepada dokter bila mengalaminya.

2. Terasa sakit di sekitar organ intim

Bila virus berkembang pada area kewanitaan akan mengakibatkan rasa sakit pada bagian paha dan panggul saat menstruasi. Selain itu, rasa sakit ini juga kerap terjadi saat buang air besar atau saat melakukan hubungan intim dengan pasangan

  1. Pendarahan

Umumnya para wanita kerap menganggap pendarahan ini seperti menstruasi biasa. Mereka menganggap hal tersebut wajar. Namun bila pendarahan ini terjadi tiba-tiba di luar menstruasi atau mengalami menstruasi yang lebih lama, maka segera periksakan ke dokter untuk mengetahui keadaan yang Anda alami tersebut sehingga dapat dideteksi lebih dini bahaya kanker serviks tersebut.

      2. Kaki bengkak

Kaki bengkak bisa menjadi tanda atau gejala yang muncul pada penderita kanker serviks. Hal ini merupakan reaksi virus HPV yang tumbuh dan berkembang pada area kewanitaan Anda.

  3. Menurunnya nafsu makan

Ketika Anda mengalami kanker serviks maka gejala yang menyertainya antara lain nafsu makan menurun. Hal ini akan membuat sistem kekebalan menurun sehingga tidak mampu mencegah masuknya virus penyakit dari luar. Selain itu juga akan muncul stress, cemas, kelelahan, dan menurunnya stamina.

Dari berbagai penjelasan mengenai bahaya kanker serviks beserta gejalanya di atas maka sudah seharusnya Anda lebih berhati-hati mulai sekarang menjaga kebersihan pada area kewanitaan. Selain itu juga selalu memperhatikan berbagai hal pada area kewanitaan tersebut. Semoga ulasan terkait bahaya kanker serviks ini dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *