Bahaya Terlalu Sering Memakai High Heels

By | December 1, 2015

Keinginan tampil elegan dan mempesona sering kali membuat wanita rela melakukan apa saja dan mengeluarkan biaya berapa saja. Tidak jarang wanita mengesampingkan kenyamanan dan kesehatan mereka asal tetap dapat tampil elegan dan mempesona. Salah satunya yaitu kebiasaan memakai high heels yang bahkan bagi sebagian besar wanita merupakan sebuah kebutuhan atau keharusan.

Tanpa mereka sadari bahwa ada efek buruk dan bahaya karena terlalu sering memakai high heels terus mengancam kesehatan.Tidak dapat dipungkirindengan menggunakan sepatu high heels kaki bisa terlihat lebih jenjang dan cantik. Tapi taukah anda ternyata aksesoris tubuh yang satu ini dapat menimbulkan pengaruh yang negatif jika anda tidak dapat menggunakannya secara bijak.

 

Bahaya Terlalu Sering Memakai High Heels

Berikut beberapa bahaya terlalu sering memakai high heels yang mungkin timbul ketika anda sudah sering menggunakan sepatu high heels;

  1. Memicu metatarsalgia

Bahaya terlalu sering memakai high heels pertama, ketika anda mengenakan high heels, otomatis membuat tekanan yang tinggi pada permukaan telapak kaki. Jika kondisi ini sering terjadi dalam kurun waktu yang lama maka akan menjadi pemicu munculnya metatarsalgia. Metatarsalgia yaitu kondisi sakit yang parah atau kram yang ditimbulkan oleh bagian anterior tulang telapak. Salah satu tanda awal munculnya metatarsalgia adalah penderita biasanya akan mengalami nyeri pada bagian tumit dan mata kaki.

  1. Memperpendek otot kaki

Selain penampilan yang terlihat jenjang dan mempesona, wanita tidak menyadari bahwa posisi tubuh saat berjalan memakai high heel menjadi condong ke depan. Bahaya terlalu sering memakai high heels seperti ini akan membuat kondisi ini menjadikan posisi tubuh tidak seimbang sehingga akan memicu masalah pada otot-otot tubuh dan dapat memperpendek otot pada kaki jika terlalu sering menggunakan high heels.

  1. Merusak postur tubuh

Bahaya terlalu sering memakai high heels berikutnya, penggunaan high heels yang terlalu sering akan membuat postur tubuh anda berubah, seperti perubahan pada tulang pinggul dan tulang belakang yang menjadi tidak sejajar. Hal inilah yang menyebabkan cara berjalan wanita yang mengenakan high heels cenderung tidak seimbangbahkan lamban laun tubuh akan terlihat semakin melengkung.

  1. Memicu tumor jinak

Tanpa disadari pemakaian high heels akan membuat posisi telapak kaki menjadi lebih sempit karena tekanan dari heels yang lebih tinggi. Hal inilah yang dapat memicu penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada jari sehingga memicu tumor jinak.

  1. Memperbesar resiko terkilir atau keseleo

Tidak dapat dipungkiri bahwa selain memberikan perasaan pede, pemakaian high heels juga menimbulkan ketidaknyamanan pada pemakainya. Ketidaknyaman ini muncul karena tumpuan berat badan otomatis menjadi terbebankan pada ujung kaki sehingga membatasi ruang geraknya. Bahaya terlalu sering memakai high heels seperti ini akan menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki.

Demikianlah beberapa bahaya terlalu sering memakai high heels. Lebih baik menghindar daripada mengobati kan? Resiko-resiko di atas dapat diminimalisir atau dihindari dengan tidak terlalu sering memakai sepatu jenis high heels. Semoga ulasan bahaya terlalu sering memakai high heels ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *