Alasan mengapa meniup makanan dan minuman panas tidak baik

By | November 25, 2015

Pernahkah anda melihat seorang ibu yang menyupai anaknya dengan meniup makanan yang masih panas terlebih dulu ? atau bapak bapak yang ngopi sampil meniup kopinya dalam wadah piring kecil ? atau mungki justru anda yang melakukan hal tersebut?

Jika iya maka anda perlu tahu, bahawa meniup makanan dan minuman yang panas sebenarnya sangatlah berbahaya. Bahkan sebenarnya hal ini sudah diatur dan sudah ada tuntunanya dalam agama islah.

 

Alasan mengapa meniup makanan dan minuman panas tidak baik

Dalam sebuah hadist diriwayatkan, dari asma binti abu bakr, sesungguhya beliau jika membuat roti tsarid beliau menutipi wadahnya sampai panasnya hilang, kemudian beliau mengatakan aku mendengar rasulullah SAW bersabda “sesungguhnya makanan yang sudah tidak panas itu lebih besar berkahnya” (HR.Hakim). dalam hadist shahih yang lain juga disebutkan “makanan itu belum boleh dinikmati sehingga asap panasnya hilang” (riwayat shahih abu hurairah).

Dari dua hadist diatas telah jelas bahwa meniup makan dan minuman saat panas sangat tidak dianjurkan, ternyata hal ini dapat dijelaskan melalui pengetahuan. Berikut alasan mengapa meniup makanan dan minuman yang panas tidak baik:

  1. Mikroorganisme

Meniup makanan berarti mengeluarkan nafas melalui mulut, aktifitas seperti ini tanpa disadari dapat memindahkan mikroorganisme dalam mulut kedalam makanan. Bayangkan saja jika yang akan mengkonsumsi makanan tersebut adalah anak anda dengan organ pencernaannya yang masih sangat rentan.

  1. Bakteri H.Pylory

Bakteri H.Pylory adalah bakteri yang sangat berbahaya bagi organ pencernaan terutama lambung. Meniup makananan dapat memindakan bakteri ini dengan sangat cepat, inilah salah satu alasan mengapa meniup makanan dan minuman panas tidak baik.

  1. Asam karbonat

Alasan terbesar menagapa meniup makanan dan minuman tidak baik adalah asam karbonat. Asam karbonat dapat terbentuk dari hasil reaksi kimia karbon dioksida (dari nafas) dengan uap pnas makanan atau minuman. Jika zat ini sampai melekat pada makanan dan masuk dalam tubuh makan akan terjai ketidak seimbangan ph dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan berusaha menyeimbangkan ph kembali dengan mempercepat aktifitas jantung memompa darah dan juga memperberat kinerja ginjal. Jika hal ini berlanjut makan alasan mengapa meniup makanan dan minuman panas tidak baik yang paling berbahaya dapat terjadi, yatu kematian.

Itulah beberapa alasan mengapa meniup makanan dan minuman panas tidak baik dan harus anda hindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *