Hati-hati! Penggunaan Gendongan Bayi Bisa Membahayakan Si Kecil

By | November 19, 2015

Baby sling atau gendongan bayi terbilang sangat laku keras di pasaran, biasanya para orang tua menggunakannya untuk menimang si buah hati dengan bahu sebagai penyangganya. Selain bermanfaat, gendongan bayi juga sangat praktis untuk di bawa kemanapun. Namun, amankah gendongan bayi itu untuk si kecil? Pernahkah anda bertanya dalam benak anda? Mari simak uraiannya! Bayi yang memiliki usia di bawah 4 bulan terbilang masih memiliki otot leher yang cenderung lemah dan belum memiliki kemampuan untuk menggerakkan kepalanya. Jika anda menggendongnya dengan kain gendongan dan kain tersebut tidak sengaja menekan hidung atau mulut si kecil, maka hal itu akan mengakibatkan bayi mengalami kesusahan untuk bernafas, sehingga bisa membuatnya mati lemas. Salah posisi juga dapat menyebabkan bayi kekurangan oksigen, misalnya saja anda menggendongnya dengan keadaan bayi menekuk dan dagunya menempel di dada.

Hati-hati! Penggunaan gendongan bayi bisa Membahayakan si kecilSebenarnya menggendong si kecil dengan gendongan bayi aman-aman saja, asalkan anda berhati-hati dan memperhatikan posisinya jika tidak hati-hati, maka resiko bayi anda mengalami mati lemas tidak dapat terhindarkan. Untuk meminimalkan resiko itu, maka ikuti tips di bawah ini:
1. Baca terlebih dulu petunjuk penggunaan gendongan tersebut dan ikuti
Terkadang hal ini di sepelekan oleh orang tua, sebelum anda menggendong si kecil, lihatlah dulu petunjuk penggunaan, berapa minimal berat badan bayi yang sesuai untuk di tempatkan di gendongan tersebut. Dan pastikan gendongannya kuat serta tidak mudah sobek.
2. Jangan menutupi wajah si kecil
Biasanya untuk menjaga anak dari gangguan serangga atau debu, orang tua sering menutupkan kain di bagian wajah di kecil. Padahal hal ini sangat berbahaya, selain dapat mengganggu pernafasan, juga menimbulkan si anak tidak nyaman.
3. Perhatikan posisi si kecil
Ketika berada di gendongan anda, perhatikan bayi tetap merasa nyaman dan jangan biarkan posisinya berubah menjadi membungkuk. Apabila ketika anda sedang menggendong si kecil namun ingin mengambil sesuatu, maka tekuklah bagian lutut, jangan pinggang. Nah, sekian uraiannya. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *